× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Temui Jokowi, SYL: Sulsel Siap Jadi Percontohan Proyek Prioritas Nasional

Temui Jokowi, SYL:  Sulsel Siap Jadi Percontohan Proyek Prioritas Nasional
Rabu , 26 April 2017 15:46

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017, di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (26/04/2017).

Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi  ibu negara Iriana Joko Widodo ,serta dihadiri pemimpin lembaga tinggi negara, menteri kabinet kerja, gubernur dan bupati se-Indonesia.

Tema Musrenbang 2017 yakni "Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan". Fokus pembangunan nasional memang ditujukan pada pembangunan infrastruktur. 

Presiden RI Joko Widodo, dalam sambutannya meminta, daerah fokus menentukan prioritas anggaran dan sektor yang akan dimaksimalkan.

"Pemerintah juga meminta integrasi pusat, dan daerah harus terkonsolidasikan dengan baik," harap Jokowi.

Terkait APBD dan APBN Jokowi meminta, memaksimalkan menarik investasi untuk membantu pembangunan. Serta, perlu ada sekuritasi untuk pembangunan infrastruktur.

"Mengingatkan bahwa persaingan global sangat ketat sekarang. Jangan sampai kita tersisih. Salah satu contohnya hadirnya Ali Baba Group di China," sebut Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, pemerintah harus mengikuti perkembangan teknologi dunia serta tidak  tertinggal di kancah percaturan global.

"Penekanan bahwa, saat ini jamannya yang cepat akan mengalahkan yang lamban.  dan menekankan kunci untuk Indonesia yg maju adalah harus cepat, cepat dan cepat." sebut Jokowi dihadapan gubernur dan bupati se-Indonesia. 

Menanggapi arahan Presiden, Gubernur Sulsel SYL mengatakan, hal ini akan menjadi prioritas daerah. 

"Semua arahan Presiden Jokowi akan menjadi perhatian semua gubernur di Indonesia, dan Sulsel siap menjadi percontohan terkait proyek-proyek yang menjadi prioritas nasional," beber Syahrul Yasin Limpo.

Sementara itu, Kepala Bappenas dalam laporannya mengatakan, akan memfokuskan pada sektor pertanian, infrastruktur dan pariwisata.

"Prioritas pembangunan Indonesia akan fokus pada sektor pertanian, infrastruktur dan pariwisata," ujar Bambang Brojonegoro.

Bappenas juga mengatakan, akan memberikan penghargaan kepada provinsi, kabupaten - kota yang terbaik dalam penyusunan RKP.

Penulis :

Editor : Adil Patawai

Komentar