× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Tahun Depan Dinaungi Kemendagri, Kesbangpol Minta Petunjuk Gubernur

Tahun Depan Dinaungi Kemendagri, Kesbangpol Minta Petunjuk Gubernur
Senin , 21 Maret 2016 16:37

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang selama ini di bawah pemerintah daerah,  akan berubah menjadi instansi vertikal di bawah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Perubahan ini akan diberlakukan pemerintah pusat per 1 Januari 2017 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan masih melakukan penyusunan kajian terhadap rencana penarikan tersebut. Hal itu terlihat dengan dilaksanakannya Forum SKPD Bagian Kesbangpol se-Sulsel di Hotel Quality Makassar, Senin (21/3/2016).

Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asmanto Baso Lewa mengaku, saat ini pihaknya bersama seluruh pihak terkait, masih melakukan penyusunan kajian. Nantinya hasil kajian tersebut akan diserahkan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sebagai bahan pertimbangan.

"Kami di provinsi  sementara ini, melakukan penyusunan kajian itu. Nantinya kami teruskan kepada pak gubernur. Lalu meminta petunjuknya untuk kami menyikapi dari pada keinginan pemerintah pusat untuk menjadikan Kesbangpol ini sebagai instansi vertikal," kata Asmanto saat ditemui di sela-sela forum diskusi Forum SKPD Bagian Kesbangpol.

Ia juga menambahkan, hingga saat ini pihak pemerintahan Sulawesi Selatan, belum menyatakan sikap secara resmi mengenai permintaan pemerintah pusat."Saat ini belum ada pernyataan sikap," jelas Asmanto.

Rencana keinginan pemerintah pusat menjadikan Kesbangpol dinaungi Kemendagri dinilai, menambah pekerjaan Mendagri Tjahjo Kumolo dalam hal urusan pemerintahan umum.

Jika sebelumnya hanya menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 25 ayat (1) huruf a hingga d. Nantinya juga mencakup urusan pemerintahan umum seperti yang tertuang pada huruf e hingga g.

Pasal 25 ayat (1) huruf e menyebutkan, koordinasi pelaksanaan tugas antar instansi pemerintahan yang ada di wilayah daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan memperhatikan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan, potensi serta keanekaragaman Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Huruf f, pengembangan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila, dan huruf (g), pelaksanaan semua urusan pemerintahan yang bukan merupakan kewenangan Daerah dan tidak dilaksanakan oleh Instansi Vertikal.

Penulis :

Editor :

Komentar