× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Sulsel Digadang Jadi Sentra Produksi Jagung Terbesar di Indonesia

Sulsel Digadang Jadi Sentra Produksi Jagung Terbesar di Indonesia
Senin , 16 Januari 2017 10:54

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan merupakan salah satu sentra produksi jagung di Indonesia. Pertahun jumlah produksi jagung di Sulsel bisa mencapai 421.970 ton pipil kering. 

Pemerintah Sulawesi Selatan menilai prestasi itu perlu dipertahankan. Apalagi, Kementerian Pertanian tengah menggalakkan swasembada jagung di Indonesia. 

Baca juga: Kementan Optimis Tingkatkan Produksi Jagung NTT

"Kalau soal jagung, tak usah khawatir. Karena Sulsel merupakan salah satu lumbungnya, bahkan kita sudah memproduksi jagung kita 1,9 juta dan ini sangat bagus," ujar Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultural Sulsel, Fitriani, Senin (16/1/2017).

Tahun 2017 ini, kata dia, pemerintah daerah berupaya meningkatkan produksi Jagung di tingkat kabupaten/kota, seperti Jeneponto dan Takalar. Ini, menurut dia, tak lepas dari misi Sulsel untuk mengusai sentra produksi komoditas di Indonesia.

"Pokok keinginan kita bagaimana orang yang ingin mencari jagung, beras dan komoditi lainnya. Maka akan melihat Sulsel sebagai pilar utamanya," jelasnya.

Baca juga: Tingkatkan Ketahanan Pangan, Wabup dan Polres Gowa Tanam Jagung Bersama

Wakil Gubernur‎ Sulsel, Agus Arifin Nu'mang mengatakan, pemerintahannya membidik prestasi menjadi daerah penyumbang kebutuhan pertanian terbaik di Indonesia.

"Kita ingin menjadi daerah yang memiliki pertumbuhan segala bidang, terutama pertanian. Dan semua itu kita harus dapatkan," jelasnya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membidik perampungan swasembada jagung bisa berlangsung hingga tahun depan.

Adv

Penulis : Srahlin Rifaid

Editor : Adil Patawai

Komentar