× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Sambut HUT Sulsel, Badan Arsip Sulsel Luncurkan Seribu Titik Taman Baca

Sambut HUT Sulsel, Badan Arsip Sulsel Luncurkan Seribu Titik Taman Baca
Jumat , 23 September 2016 15:14

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Demi meningkatkan minat baca di Sulawesi Selatan, Badan Arsip dan Perpustakaan Sulsel akan meluncurkan seribu taman baca di setiap kabupaten/kota.


Momentum tersebut merupakan, program yang dicanagkan Gubernur Provinsi Sulsel Syahrul Yasin Limpo kepada seluruh SKPD menjelang Hari Ulang Tahun (Hut) Sulsel ke 374 pada 19 oktober mendatang. 

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Sulsel, Abdul Rahman mengatakan, program gerakan membaca ini adalah salah satu langkah yang dilakukan menumbuhkan minat baca. Dan akan dilakukan secara masif yakni dengan  1.000 titik taman baca.

“Program ini akan melibatkan elemen masyarakat. Karena diharapkan menyentuh semua lapisan untuk mencegah minim baca,” kata Abdul Rahman, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, program ini akan dikhususkan bagi anak-anak. Dengan pendekatan dalam bentuk manual sehingga lebih efektif. Agar program ini berjalan sesuai rencana, maka  akan dilantik Badan Perpustakaan di 24 kabupaten/kota bertepatan HUT Sulsel ke 347 tahun.

“Pak Gubernur dijadwalkan akan melantik Badan Perpustakaan di 24 kabupaten/kota,” sambungnya.

Perwakilan Pemerhati Perpustakaan, Bahtiar Adnan Kusumah menyebutkan, akan ada beberapa item dalam acara tersebut, yaitu peluncuran pelayanan peragaan IPTEK. Akan ada peresmian kafe baca, kios baca, dan baruga baca di 24 kabupaten/ kota se Sulsel.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyambut baik rencana tersebut. Apalagi perpustakaan sangat penting buat yang ingin mencari ilmu, namun harus sesuai dengan perkembangan zaman sehingga masyarakat tertarik masuk.

“Membangun perpustakaan di zaman sekarang ini harus mengikuti teknologi, termasuk menghadirkan kemudahan mengakses informasi tentang buku yang dicari,” pungkasnya.

Penulis : Dahrul Mahfud

Editor : Adil Patawai

Komentar