× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Perluas Ekspor, Sulsel Siapkan 3 Komoditas Ini untuk Australia

Perluas Ekspor, Sulsel Siapkan 3 Komoditas Ini untuk Australia
Rabu , 23 Maret 2016 10:02

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Pemerintah Sulawesi Selatan menyiapkan tiga komoditi dalam menjajaki kerja sama ekspor impor, pasca Kementerian Luar Negeri Australia membuka Konsulat Jendral (Konjen) di Makassar. Konjen ini merupakan perwakilan Australia untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu'mang mengatakan, kedepannya Sulsel dan Australia tidak hanya bekerja sama dalam ekspor impor gandum dan terigu. Sulsel memiliki tiga komoditi terbaik di Indonesia, yakni Kakao, Rumput Laut, dan Kopi. Ia berharap nantinya komoditi terbaik ini juga bisa menyasar pasar Australia.

"Kami berharap bisa memperluas pasar ekspor Sulsel, terutama untuk tiga komoditi terbaik kita. Saat ini lebih dominan Jepang, China, Korea dan singapura. Masa yang akan datang lebih ditingkatkan ke Australia," ujar Agus, Rabu (23/3/2016).

Selain itu, Agus mengharapkan, destinasi wisata yang ada di Sulsel bisa disasar turis-turis Australia. Mengingat, kata Agus,  Sulsel juga tidak kalah dengan Bali. Untuk itu, ia menginginkan, nantinya  ada penerbangan langsung dari Australia masuk ke Makassar.

“Dengan potensi KTI khususnya Sulsel, Australia dan Sulsel berniat untuk menjajaki kerjasama di beberapa bidang. Diantaranya, pariwisata, perdagangan, kebudayaan, pendidikan, dan bisnis,” jelas Agus.


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop mengatakan, dengan membuka Konjen di Makassar, merupakan kesadaran Australia akan potensi KTI. Konjen ini kedepannya, akan membangun hubungan bisnis, perdagangan, kebudayaan dan pendidikan.

"Ini memang baru dalam hubungan antara Australia dan Indonesia. Ini mencerminkan kesadaran kami akan potensi yang besar di KTI terutama di Sulsel," katanya.

Ia percaya pada KTI, khususnya Sulsel memiliki potensi yang dapat meningkatkan perekonomian, serta menguntungkan kedua negara, yakni Indonesia dan Australia. Bukan hanya dalam hal perdagangan, tetapi dalam hal pendidikan serta kunjungan wisatawan, yang dapat ditingkatkan.

"Ini nantinya menjadi hasil nyata untuk saling menguntungkan. Dengan kerjasama ini bisa lebih banyak mahasiswa ke Australia, ataupun lebih banyak turis yang berkunjung ke Sulsel," pungkasnya. (Al Khoriah Etiek Nugraha/Adil Anar)

Penulis :

Editor :

Komentar