× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Peningkatan UNBK Diharap Tingkatkan Nilai Kejujuran

Peningkatan UNBK Diharap Tingkatkan Nilai Kejujuran
Selasa , 22 Maret 2016 19:39

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini meningkat signifikan dari tahun sebelumnya. Pada tahun pertamanya, peserta uji coba UNBK hanya 24 sekolah, tahun ini telah mencapai 142 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Sidik Salam mengatakan, peningkatan yang signifikan tersebut merupakan salah satu upaya, untuk menyelenggarakan UN dengan jujur.

"Dengan cara UNBK itulah kita harapkan lebih terjaring kejujurannya. Kesempatan nyontek kan lebih sulit dibanding kertas," kata Sidik Salam saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (22/3/2016).

Oleh karena itu, ia menegaskan tidak ada lagi alasan bagi sekolah penyelenggara UNBK, untuk menyatakan tidak siap dengan pelaksanaan UN. Hal ini karena dinilai, mereka telah mampu melaksanakan UNBK dan telah mengajukannya ke Kemendikbud.

"Kan mereka sendiri yang mengajukan. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak siap. Selain itu kan, yang diizinkan untuk menyelenggarakan UNBK adalah sekolah yang sudah memenuhi persyaratan," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya UNBK ini, diharapkan seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan UN, bisa menjaga kejujurannya.

"Harapan kita dengan naiknya angka pelaksana UNBK itu sudah membantu sulsel mengangkat kejujuran. Bukan hanya siswa tetapi juga penyelenggaranya. Semua yang terkait," harapnya.(Al Khoriah Etiek Nugraha/Adil Anar).

Penulis :

Editor :

Komentar