× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Nurdin Abdullah Apresiasi Peran IPHI 

Nurdin Abdullah Apresiasi Peran IPHI 
Jumat , 1 November 2019 18:15

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah memberikan apresiasi atas peran Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel mengatasi jamaah haji khusus di timur Indonesia. 

"Saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai sebuah tahapan penting dalam memantapkan pemahaman kita terhadap pemberdayaan penyelenggaraan haji," ungkap Prof NA dalam sambutannya, di Rapim, Kantor Gubernur Sulsel, beberapa waktu lalu. 

Hal tersebut berdasarkan aturan yang  ditetapkan sekaligus bersama-sama menggagas suatu konsep positif dan konstruktif, meningkatkan pelayanan  penyelenggaraan urusan Haji lebih responsif dan melayani bagi seluruh jamaah Haji dari Sulsel. 

"Saya menghargai langkah-langkah dan rencana besar IPHI dalam menyampaikan pemikiran-pemikiran yang positif terhadap penyelenggaraan haji," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini. 

Mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini juga meyakini, potensi haji sangat besar, sehingga potensi ini harus dapat dimanfaatkan, tidak hanya bagi calon jamaah haji, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan. 

Begitupula, bagaimana soal efisiensi penyelenggaraan haji, peningkatan pelayanan bagi para jamaah haji, dan pemanfaatan potensi ekonominya perlu secara terus menerus ditingkatkan, sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

"Saya yakin kita semua memahami penyelenggaraan ibadah haji adalah sebuah ikhtiar bersama yang dalam pengelolaannya melibatkan berbagai unsur dan lembaga, dari pemerintah daerah hingga Kementerian di pusat," jelasnya. 

Menurut Prof NA keterlibatan berbagai unsur tersebut mengharuskan segala urusan yang terkait dalam proses pelaksanaan ibadah haji membutuhkan sinergi dan kerjasama baik.

Kendati demikian, rapat pengurus ini di manfaatkan semaksimal mungkin sebagai sarana dalam upaya meningkatkan pemahaman kita semua terhadap berbagai aspek pengelolaan urusan haji. 

Di samping itu, penyempurnaan sistem pengelolaan dan pelayanan harus terus dilaksanakan, mengingat jumlah calon jamaah haji setiap tahunnya terus meningkat. Karenanya perlu ada kesatuan gerak dan cara pandang sama dari seluruh terkait dalam menerapkan  unsur berbagai kebijakan telah ada dan di sini. 

Hadi pada kesempatan rapat tersebut, mantan Gubernur Sulsel 2003-2008, Amin Syam, tokoh-tokoh berpengaruh Sulsel dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah OPD Pemprov Sulsel.

Penulis : Fathul Khair

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar