× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

November, Disdukcapil Evaluasi Penggunaan KIA

November, Disdukcapil Evaluasi Penggunaan KIA
Selasa , 23 Mei 2017 10:07

RAKYATKU.COM, MAKASSAR  - Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Sulawesi Selatan telah menunjuk Kota Makassar sebagai Pilot Project Kartu Indentitas Anak (KIA) di 2017 untuk provinsi Sulsel. 

Untuk menindaklanjuti program Kementerian tentang KIA tersebut, Disdukcapil Sulsel akan mengevaluasi program itu pada November mendatang.

Program penerbitan KIA ini sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak sebagai warga negara yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016. 

Kartu KIA dapat digunakan membuka tabungan, mengurus paspor, dan juga akan lebih mudah dalam proses pembuatan KTP nantinya. 

"Untuk tahun ini baru Makassar yang menjadi daerah percontohan.  Khusus warga Makassar dulu yang dilayani sebagai percontohan, " ujar Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Sulawesi Selatan, Lutfi Natsir, Selasa (23/5/2017). 

Untuk menentukan daerah selanjutnya yang akan disalurkan KIA akan dibahas dalam Rakor mendatang, November 2017. "Kita rakor untuk membicarakan kabupaten apa lagi yang mendapatkan giliran di data melalui KIA dan di situ kita juga akan evaluasi kekurangannya, " jelas dia.

Sebab, katanya, dalam penyaluran kartu KIA akan dilakukan bertahap, dan tahun ini di mulai dari Kota Makassar selanjutnya akan menyasar Kabupaten/Kota yang banyak penduduknya. 

"Kartu KIA ini bertahap penyalurannya karena memang baru tahun ini di mulai, bukan daerah yang nentuin daerah mana lagi. Kita cuma bisa memberikan usulan kepada pusat," tambah dia.

Penulis : Azwar Basir

Editor : Chaerul

Komentar