× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

NA: Tidak Mudah Lakukan MoU dengan Jepang

NA: Tidak Mudah Lakukan MoU dengan Jepang
Kamis , 17 Januari 2019 08:10

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah (NA) menggelar welcome dinner (makan malam bersama) menyambut Gubernur Prefektur Ehime, Jepang Tokihiro Nakamura dan rombongan di Hotel Rinra Makassar, Rabu malam (16/1/2019). Mereka disajikan makanan khas Makassar terutama olahan sea food.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengungkapkan bahwa tidak mudah mengajak pihak Jepang untuk bersedia melakukan perjanjian kerjasama.

Ia menjelaskan, untuk bekerjasama dengan Jepang segala sesuatunya harus jelas dan detail, termasuk jika dituangkan dalam perjanjian kerjasama.

"Karena jujur saja dengan Jepang untuk melakukan MoU itu sangat berat, tidak mudah kita menandatangani sesuatu dengan Jepang, karena Jepang itu sangat detail, saya kira hari kita menandatangani sebuah memorandum tetapi bukan MoU tetapi ini adalah rencana-rencana yang akan kita kerjasamakan," sebutnya.

NA ingin momentum ini dimanfaatkan, karena memang Provinsi Ehime dan Sulsel ada kesamaan. Pertama Ehime adalah daerah yang sangat terkenal untuk sektor pertaniannya, jeruk nomor satu di Jepang ada di Ehime, salah satunya jeruk yang diberi nama Benny Maddona. Bahkan jeruk ini disajikan saat Presiden berkunjung ke Makassar, disajikan di kediaman Wakil Presiden (JK) dan Presiden mengatakan, apakah bisa dikembangkan ngak di Indonesia. 

Kesamaan kedua, yakni, Jepang dan Indonesia sebagai negara kepulauan dan Sulsel memiliki ratusan pulau hampir sama dengan Ehime, tetapi Ehime bisa menjadi pusat pengembangan budidaya ikan terbesar di Jepang dan terbaik.

"Nah ilmu ini yang harus kita ambil. Ini bisa kita transfer teknologi dan knowledge kalau kita melalui (ada) kerjasama. Alhamdulillah, hari ini (kemarin) kita sudah tandatangani tinggal kita bagaimana menjalankan komitmen ini," harapnya.

Sedangkan, Gubernur Nakamura menyampaikan kunjungan ini adalah pertama kali. Sebenarnya dari dulu dia sudah punya keinginan kuat untuk melakukan kunjungan, akhirnya saat ini terwujud bersama-sama pimpinan-pimpinan atau wakil pengusaha ke Sulsel.

"Difasilitasi oleh kalangan swasta yang ada di Ehime, selama ini hubungan antara kita sudah terjalin dengan baik, melalui Kabupaten Bantaeng. Dan karena Bapak Nurdin sudah menjabat sebagai Gubernur Sulsel kami sangat berharap akan menjalin hubungan lebih besar lagi," paparnya.

Penulis : Fathul Khair

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar