× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Lantik Bupati Wajo dan Luwu, Ini Pesan Nurdin Abdullah

Lantik Bupati Wajo dan Luwu, Ini Pesan Nurdin Abdullah
Jumat , 15 Februari 2019 12:09

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah melantik dua pasang bupati, yakni Bupati Wajo dan wakilnya, Amran Mahmud dan Amran, serta Bupati Luwu dan wakilnya Basmin Mattayang - Syukur Bijak periode 2019-2024, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (15/2/2019).

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah meminta kepada Bupati Wajo dan Luwu yang baru dilantik tersebut, untuk memperhatikan perkembangan komoditas unggulan yang masing-masing dimiliki daerahnya. Apalagi, kedua daerah tersebut terkenal dengan komoditas unggulan yang dimilikinya yakni kakao. 

"Kita telah menyandang predikat sebagai skala satu nasional untuk penghasil kakao. Selama ini, kakao menjadi primadona, bahkan Sulsel salah satu penghasil kakao di dunia," ujar Nurdin.

Nurdin Abdullah juga menganggap komoditas unggulan yang dimiliki Wajo dan Luwu sebagai pintu gerbang kawasan timur Indonesia untuk pembangunan industri kakao. 

Namun, diakui Nurdin, pengadaan benih kakao menjadi salah satu tantangan yang dimiliki kedua daerah tersebut. Sehingga, pihaknya telah mengusulkan Luwu Utara sebagai sentra benih kakao. Agar pemerintah pusat lebih memprioritaskan komoditas unggulan tersebut. 

"Salah satu persoalan yang kita hadapi adalah soal benih. Saya kira ke depan kita akan mengusulkan ke menteri pertanian untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pusat benih coklat dan tentu kita akan menempatkan Luwu Utara ini salah satu sentra produksi coklat," jelas Nurdin Abdullah. 

Selain itu, Nurdin Abdullah juga menekankan biji kopi sebagai komoditas unggulan di Sulsel. Menurutnya, kebutuhan dunia akan kopi semakin meningkat namun produktivitas di Sulsel semakin menurun. 

"Untuk itu, mari kita bersama-sama mengembalikan kejayaan komoditas Sulawesi Selatan," sambungnya. 

Penulis : Yuniastika Datu

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar