× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Kepala BPKD: Gaji PNS Pemprov Sulsel Sudah Bisa Dicairkan

Kepala BPKD: Gaji PNS Pemprov Sulsel Sudah Bisa Dicairkan
Kamis , 12 Januari 2017 16:44

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hingga Kamis, 2 Januari 2017 pengawai Pemerintah Provinsi Sulsel belum menerima gaji. Hal ini disebabkan banyaknya peralihan akibat penerapan PP Nomor 18 tahun 2016.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pemprov Sulsel, Arwien Azis mengatakan, gaji pegawai Pemprov Sulsel sudah bisa dicairkan. Namun masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Sulsel terlebih dahulu memasukan daftar gaji pegawainya.

"Alokasi anggaran untuk gaji sudah ter-transfer dari rekening pusat ke pemprov. Kondisinya sekarang sudah siap untuk dicairkan. Untuk mencairkan itu, saat ini kami menunggu dari SKPD terkait untuk memasukkan daftar gaji yang mereka buat," ujar Arwien, Kamis (12/1/2017).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya hanya menunggu daftar gaji pegawai setiap SKPD, agar pencairan gaji dapat segera dilakukan. Ia mengatakan, jika daftar gaji pegawai tersebut telah dimasukkan, maka pegawai dapat memperoleh gaji keesokan harinya.

Baca juga: Hari Pertama Kerja Pasca Libur Idul Adha, 135 PNS Pemprov Sulsel Tak Hadir

Arwien mengatakan, pihaknya mengalokasikan anggaran mencapai Rp188 miliar untuk membayar gaji pegawai. Alokasi anggaran tersebut, sudah termasuk pelimpahan pegawai guru sebanyak 16 ribu orang.

"Sebelumnya pegawai kita hanya kurang lebih 9 ribu, sejak masuknya guru sebanyak 16 ribu jadi totalnya 27 ribuan," katanya.

Lanjut Arwien, untuk pembayaran gaji, SKPD tidak diharuskan memasukkan dokumen itu bersamaan, karena gaji pegawai ini bisa tidak diberikan secara serentak.  

"Tidak harus menunggu seluruhnya rampung, setiap SKPD yang sudah rampung bisa terima gaji. Sekarang sudah ada dua SKPD yang sudah masuk dan langsung dibayarkan yakni Satpol PP dan BPKD, dan itu besok sudah bisa dibayarkan," ungkapnya.

Hal tersebut juga berlaku bagi guru yang dilimpahkan ke Dinas Provinsi Sulsel. Tidak mesti daftar gaji guru tersebut rampung secara keseluruhan. Disdik dapat memasukkan daftar guru yang telah selesai dokumennya terlebih dahulu. Agar keterlambatan yang lainnya tidak mempengaruhi yang telah rampung.

"Baru tahun ini terlambat seperti ini. Dengan adanya OPD terkait PP 18/2016, jadi tahun ini yang sedikit banyak penyesuaian. Tahun sebelumnya memang ada keterlambatan cuman persoalan administrasi. Kalau kali ini administrasi yang cukup panjang penyesuaian karena OPD baru struktur yang baru. Sebelumnya tanggal 7 paling lama sudah terima gaji," pungkasnya.

Penulis : Al Khoriah Etiek Nugraha

Editor : Adil Patawai

Komentar