× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Izin Perjalanan Keluar Negeri Pejabat Pemprov Sulsel Diperketat

Izin Perjalanan Keluar Negeri Pejabat Pemprov Sulsel Diperketat
Rabu , 23 Maret 2016 15:58

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Izin pejabat Pemprov Sulsel untuk melakukan perjalan ke luar negeri akan diperketat. Hal ini berdasarkan instruksi Gubernur Sulawesi, Syahrul Yasin Limpo, sebagai penguat instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2005 tentang Perjalanan Dinas ke Luar Negeri.

Juga, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pedoman Perjalanan Dinas ke Luar Negeri bagi Pejabat/Pegawai di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Daerah, dan pimpinan serta anggota DPRD.

"Suratnya tinggal menunggu tandatangan Pak Gubernur. Setelah ditandatangani, langsung diberlakukan," kata Kepala Biro Kerjasama Pemprov Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, Rabu (23/3/2016).

Pejabat yang dimaksud mulai dari kepala desa, legislator, hingga kepala daerah. Ada delapan tujuan perjalanan dinas keluar negeri yang boleh dilakukan. Diantaranya, untuk kerjasama, seminar, workshop, dan promosi daerah. Perjalan dinas tersebut, harus mendapat izin langsung dari Gubernur Sulsel.

"Sepanjang menggunakan uang daerah, maka harus ada izin dari gubernur, yang diajukan ke Biro Kerjasama," tegasnya.

Ia menambahkan, surat permohonan izin tersebut diajukan maksimal 20 hari sebelum keberangkatan. Setelah masuk di Biro Kerjasama, jika pejabat  bersangkutan ada di tempat, maka akan langsung diproses sesuai aturan yang ada.

Peraturan perjalanan dinas ke luar negeri ini juga tertuang dalam Inpres Nomor 11 Tahun 2005 tentang Perjalanan Dinas ke Luar Negeri yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ditujukan antara lain untuk Gubernur mengatur, bahwa perjalanan dinas ke luar negeri, harus dilakukan dengan sangat selektif yakni terkait penyelenggaraan pemerintahan. Dapat dilakukan sepanjang tugas di dalam negeri tak terganggu, dengan rombongan sangat terbatas yang bidang tugasnya terkait substansi yang akan dibahas. Dilakukan setelah mendapat izin dari Presiden, dan hasilnya dilaporkan kepada Presiden.

Hampir serupa, Pasal 2 Permendagri Nomor 11 Tahun 2011 mengatur bahwa perjalanan dinas ke luar negeri dilakukan dengan sangat selektif, untuk kepentingan prioritas berkaitan dengan peningkatan hubungan kerjasama luar negeri, dapat dilakukan apabila tugas di dalam negeri tidak mendesak, seperti ada bencana alam dan pemilu, dan hasilnya dapat dimanfaatkan bagi peningkatan kinerja pemerintah. (Al Khoriah Etiek Nugraha/Adil Anar)

Penulis :

Editor :

Komentar