× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

DPPPA Sulsel Gelar Pelatihan Pengasuhan Anak

DPPPA Sulsel Gelar Pelatihan Pengasuhan Anak
Selasa , 5 Juni 2018 17:10

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Pelatihan Layanan Pengasuhan Anak Bagi Keluarga, mulai 4-5 Juni 2018, di Hotel Fave, Makassar.

Pelatihan ini diisi dengan beberapa metode pengajaran. Diantaranya ceramah materi, simulasi, serta sesi tanya-jawab.

Kepala DPPPA Sulsel, Andi Murlina mengungkapkan, pendidikan yang utama dan pertama untuk anak adalah pengasuhan dari orang tua dan keluarga.

"Sebagai lini terdepan dalam mengawal tumbuh kembang anak, sudah sepatutnya anak-anak dibesarkan dengan limpahan cinta dan kasih sayang yang tulus dari para orang tua dan seluruh anggota keluarga dengan menerapkan pola pengasuhan yang tepat," ujar Murlina saat membawakan sambutannya.

Menurutnya, sikap dan perilaku anak harus dibentuk sejak dini, karena seorang anak ketika dewasa akan menjadi warga masyarakat yang baik atau tidak, sangat bergantung pada pola asuh orang tua dan atau keluarga dimana anak dibesarkan. 

"Oleh karena itu keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan pribadi anak. Di dalam lingkungan keluargalah tempat dasar pembentukan watak dan sikap anak," terangnya.

Ia pun berharap, melalui pelatihan ini para peserta bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pengasuhan anak yang akan digunakan sebagai bahan edukasi untuk mengubah perilaku dan cara pandang setiap orang terhadap anak.

"Sehingga tercipta lingkungan keluarga yang kondusif bagi anak, berkat pola asuh yang baik dan tepat diterapkan dalam keluarga," ujarnya.

Diketahui, pelatihan itu dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari Ketua/anggota organisasi keagamaan Kota Makassar dan tenaga layanan Puspaga Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa.
 

Penulis : Nur Izzati

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar