× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Disdukcapil Sulsel Antisipasi Efek Samping KB

Disdukcapil Sulsel Antisipasi Efek Samping KB
Senin , 8 Mei 2017 12:54

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil) Sulsel menghimbau kepada masyarakat agar mengantisipasi efek samping penggunaan alat kontrasepsi. 

"Banyak masyarakat yang langsung memakai alat konsepsi, tapi tidak cocok dengan alat itu, makanya biasa muncul efek samping pada masyarakat yang memakainya," ujar Lutfi Nasir, Senin (8/5/2017). 

Efek sampingnya yang kadang muncul pada masyarakat tidak seperti, alergi gatal-gatal pada alat kelamin,  banyak yang sudah tidak lancar lagi datang bulannya untuk wanita, adapula orang yang gemuk akibat efek samping dari alat kontrasepsi yang dipakainya. 

"Tahun ini ada empat Kabupaten yang kita sasar lakukan sosialisasi antisipasi efek samping dari alat kontrasepsi ini. Karena ada yang cocok ada pula yang tidak cocok dengan alat yang dipakainya," tuturnya. 

Empat Kabupaten itu diantaranya, Kabupaten Tanah Toraja, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Pangkep. "Kami pilih empat itu karena tingginya tingkat pertumbuhan penduduknya di dalamnya," katanya. 

Ia menambahkan, sosialisasi tersebut  berkaitan dengan penyampaian advokasi kepada masyarakat yang kurang bagus sehingga menimbulkan efek samping seperti itu. 

"Kami memanggil orang ahli untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang aturan penggunaan alat kontrasepsi yang digunakan saat berhubungan," tutupnya

Penulis : Azwar Basir

Editor : Chaerul

Komentar