× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Disdukcapil se Sulsel Bahas Program 2020

Disdukcapil se Sulsel Bahas Program 2020
Senin , 28 Oktober 2019 15:22

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk (Disdukcapildalduk) dan KB se Sulsel, kumpul di acara Forum Perangkat Daerah, di Hotel Grand Asia, Senin (28/10/2019).

Kepala Disdukcapildalduk dan KB Sulsel, Sukarniaty Kondolele, mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah dan sarana informasi dalam membangun komitmen, hubungan koordinasi yang lebih efektif dengan seluruh kabupaten/kota, OPD, serta unit kerja provinsi terkait, serta pemerintah pusat. Terutama dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, serta urusan pengendalian penduduk dan KB tahun 2020.

"Tujuan kegiatan ini adalah agar tercipta sinkronisasi perencanaan program dan kegiatan pada perangkat daerah kabupaten kota, serta agar perencanaan program dam kegiatan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan petunjuk teknis," kata Sukarniaty. 

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menampung segala informasi dan masukan dari semua pihak terkait. Terutama dalam hal program prioritas dan visi misi Gubernur Sulsel. 

Sementara, Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, saat membuka acara, mengapresiasi kegiatan tersebut. Mengingat, pertemuan ini bertujuan untuk mensinergikan antara urusan pencatatan sipil dan pengendalian penduduk, yang kesemuanya merupakan program strategis dan sesuai dengan visi dan misi Gubernur Sulsel.

"Produktivitas kinerja atau performance akan lebih baik dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen, melalui kegiatan dan program yang inovatif," ujarnya. 

Abdul Hayat berharap, pertemuan ini menghasilkan rumusan untuk pelayanan kependudukan yang efektif dan efisien. Disamping itu, kiranya dukungan  SDM yang semakin unggul dengan pengambilan keputusan yang strategis, selalu memihak kepada masyarakat. 

"Hal ini menjadi penting karena akan berimbas ke pelayanan yang lainnya, seperti data pemilih di KPU, pelayanan hak dasar dan lain sebagainya. Karena kesalahan dalam pengumpulan data akan mempengaruhi pengambilan kebijakan," terangnya. 

Penyusunan program dan kegiatan, kata Abdul Hayat, harus disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis pelaksanaannya. Ia juga mengharapkan, kegiatan ini menjadi sarana informasi dalam membangun komitmen dan hubungan koordinasi yang lebih efektif dengan seluruh kabupaten/kota, OPD, unit kerja provinsi, pemerintah pusat, serta pihak terkait.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Andi Bayu, melaporkan, peserta kegiatan adalah para sekertaris dan kasubag program perangkat daerah kabupaten/kota, yang menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, kasubag program pengendalian penduduk dan KB, serta perangkat daerah provinsi dan instansi vertikal terkait. Dalam kegiatan ini, hadir sebagai narasumber antara lain, Ditjen Bina Pembangunan Kemendagri dan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Penulis : Fathul Khair

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar