× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Disdukcapil : 85,2 Persen Penduduk Sulsel Telah Rekam E-KTP

Disdukcapil : 85,2 Persen Penduduk Sulsel Telah Rekam E-KTP
Kamis , 18 Mei 2017 15:54

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil Dalduk dan KB) Provinsi Sulawesi Selatan, Lutfie Natsir mengatakan, saat ini 15 persen penduduk di Sulawesi Selatan (Sulsel) atau sebesar atau 1,38 juta belum melakukan perekaman e-KTP.

"Dari data terakhir pada tingkat provinsi, sekitar 15 persen dari 9,2 juta penduduk di Sulsel belum melakukan perekaman e-KTP. Kita sudah lakukan perekaman sebanyak 85,2 persen penduduk. Sedangkan untuk tingkat nasional, sekitar 96,3 persen penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP, jadi kita tinggal 11 persen yang belum," jelasnya, Kamis (18/5/2017).

Lutfie menambahkan, kendala umum yang dihadapi terkait perekaman e-KTP adalah penyebaran penduduk, tingkat mobilitas yang tinggi, letak geografis daerah, serta beberapa daerah yang lokasinya terpencil.

Untuk itu, pihaknya berupaya melakukan perekaman langsung di suatu lokasi. Sehingga, masyarakat yang berada di daerah terpencil tidak perlu lagi datang ke Kantor Kecamatan atau Dinas Kependudukan.

"Jadi, kami telah melakukan rapat koordinasi dengan setiap kabupaten/kota, untuk terus melakukan perekaman data kependudukan. Tentu, dalam hal ini dibutuhkan kerja sama dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk mendatangkan masyarakatnya ke lokasi perekaman," ujar Lutfie.

Lebih jauh Lutfie mengatakan, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait akan mengupayakan, agar jumlah penduduk yang telah melakukan rekam e-KTP dapat mencapai target nasional, yakni 96,3 persen.

"Tentu kami akan mengupayakan hal tersebut. Untuk ketersediaan blanko e-KTP secara umum sudah terpenuhi. Beberapa waktu yang lalu memang kita sempat kekurangan sekitar 600 sampai 700 ribu blanko. Tapi sekarang sudah tersedia, karena sudah didrop dari pusat," tutupnya.

Penulis : Nur Izzati

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar