× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Di Era Nurdin Abdullah, Pinrang Berhasil Ekspor Rumput Laut 

Di Era Nurdin Abdullah, Pinrang Berhasil Ekspor Rumput Laut 
Jumat , 25 Oktober 2019 17:24

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kabupaten Pinrang, di era kepemimpinan Gubernur Sulsel Prof. HM Nurdin Abdullah bersama wakilnya Andi Sudirman Sulaiman, berhasil mengekspor rumput laut. Rumput laut asal kabupaten Pinrang diekspor langsung melalui sistem direct call ke negara-negara di Eropa, Amerika, China, Korea, dan Malaysia.

Nurdin Abdullah dalam sambutannya usai melepas ekspor perdana rumput laut, menyatakan bangga atas berhasilnya Kabupaten Pinrang menghasilkan komoditi ekspor.

"Ekspor perdana rumput laut ini merupakan Sebuah Kebanggaan Bagi Seluruh masyarakat Sulsel, terkhusus untuk masyarakat kabupaten Pinrang," ungkap Nurdin pada acara launching ekspor hasil produksi, PT BLG, Pinrang, Jumat (25/10/2019).  

Bupati Bantaeng periode 2008-2018 ini mengaku tidak menyangka di Kabupaten Pinrang berdiri pabrik sebesar PT Biota Laut Ganggang (PT. BLG) yang menjadi eksportir rumput laut.

"Apalagi ini karyawan diambil dari masyarakat asli Kabupaten Pinrang sendiri," kata Nurdin.

"Saya optimis bahwa masyarakat kita yang ada di pesisir akan menikmati hasil apalagi perusahaan ini menjanjikan ada beasiswa untuk anak karyawan di PT BLG ini," sambungnya.

PT BLG berhasil mengekspor rumput laut hingga 100 ton per harinya, sementara kesediaan bahan baku hanya berkisar 30 sampai 50 ton perharinya. 

"Kebutuhan 100 ton sementara tersedia hanya 30 sampai 50 ton perhari. Saya kira industri ini akan bertahan kalau kebutuhan bahan pokok terus tersedia. Saya akan bantu untuk mendapatkan bahan baku, bahkan kita akan memberikan pr kepada kepala dinas pertanian untuk mencari solusi demi kebutuhan 50 ton," tegasnya.

Ekspor perdana rumput laut berhasil dilaksanakan atas kerjasama antara Pemprov Sulsel dengan Pemda Kabupaten Pinrang. Dimulai sejak kepemimpinan mantan Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi dan dilanjutkan oleh Andi Irwan Hamid.

Penulis : Fathul Khair

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar