× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Bendungan Pamukkulu Hasilkan Tenaga Listrik 2,4 Mega Watt

Bendungan Pamukkulu Hasilkan Tenaga Listrik 2,4 Mega Watt
Senin , 6 Februari 2017 09:23

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bukan hanya sebagai penyedia air di Kabupaten Takalar, Bendungan Pamukkulu rencanya juga menghasilkan listrik dengan tenaga air.

"Bendungan ini juga akan menghasilkan listrik tenaga air, sebesar 2,4 Mega Watt. Jadi bukan dalam pengairan saja. Tetapi juga dapat membantu menghasilkan daya listrik," ungkap Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang, kepada Rakyatku.com, Senin (6/2/2017). 

Darmawan mengatakan, energi listrik yang dihasilkan tentunya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar. Namun, pihaknya akan menyerahkan pengelolaannya ke PLN. 

"Tentunya PLN yang mengatur nantinya. Tapi pastinya kita akan isi dulu yang terdekat baru yang terjauh dari lokasi bendungan," jelasnya. 

Baca juga:

 

Pembangunan Bendungan Pamukkulu Kabupaten Takalar ini, nantinya akan mengairi sawah seluas 6.400 hektar. Dengan estimasi peningkatan taman petani meningkat hingga tiga kali lipat. 

Saat ini pembangunan Bendungan Pamukkulu mulai tahapan pembebasan lahan. Untuk tahun ini, rencananya lahan yang akan dibebaskan seluas 100 hektar. Dengan anggaran yang dialokasikan untuk pembebasan lahan sebesar Rp270 miliar. 

"Komunikasi sudah dijalankan. Pada umumnya masyarakat menerima. Karena pada dasarnya kebutuhan penyediaan air memang cukup banyak," pungkasnya.

Penulis :

Editor : Adil Patawai

Komentar