× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Andi Hasdullah: ESport Jadi Lapangan Kerja Baru

Andi Hasdullah: ESport Jadi Lapangan Kerja Baru
Senin , 18 Februari 2019 08:24

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Sulsel, Andi Hasdullah, sangat mengapresiasi Elektronik Sport (eSport).

ESport sendiri merupakan ajang kompetisi bagi para gamers, khususnya yang memainkan mobile legend (ML) untuk mengukur kemampuan dan keterampilannya dalam bermain game. 

Kendati masih cukup baru di tanah air, eSport cukup cepat berkembang dan mendapat perhatian masyarakat, khususnya kalangan milenial.

Andi Hasdullah menjelaskan, berdasarkan data, di Sulsel sudah ada sekira 700 tim yang aktif memainkan game online tersebut.

"Pemerintah merespon yang tadinya, ini dilihat sebagai pekerjaan yang sia-sia. Tapi sekarang dikanalisasi oleh pemerintah. Dijadikan sebagai salah satu cabang olah raga resmi yang dipertandingan. Termasuk SEA Games Philipina mendatang," ungkap Hasdullah.

Jika ditekuni secara serius, para gamers bisa menjadi seorang profesional. Bahkan perkembangannya bisa masuk ke industri. 
"Bandingkan dengan sepak bola orang bisa jadi miliuner. Data yang saya dapat, sudah ada yang berpendapatan Rp70 juta melalui eSport ini," ungkapnya

Pemprov Sulsel akan mensupport karena segmennya cukup besar dan bisa menjadi lapangan pekerjaan serta sumber pendapatan baru bagi yang menekuni. 

Penulis : Yuniastika Datu

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar