× Badan Pendapatan Daerah Biro Bina Hukum Dan HAM Biro Bina Kesejahteraan Biro Bina Mental Dan Spiritual Biro Bina Napza Dan Hiv-Aids Biro Bina Pembangunan Biro Bina Perekonomian Biro Humas Dan Protokol Biro Kerjasama Biro Organisasi Dan Kepegawaian Biro Pemerintahan Biro Pemerintahan Daerah Biro Pengelolaan Asset Daerah Biro Umum Dan Perlengkapan Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Dinas Energi Dan Sumberdaya Mineral Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dinas Kehutanan Dinas Kelautan Dan Perikanan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian P Dinas Kesehatan Dinas Ketahanan Pangan Daerah Tanaman Pangan & Hor Dinas Komunikasi Informatika Statistik & Persandia Dinas Koperasi Dan UMKM Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Dinas Pemuda Dan Olahraga Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pin Dinas Pendidikan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air Cipta Karya & Tat Dinas Perdagangan Dinas Perhubungan Dinas Perindustrian Dinas Perkebunan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman & Pertahanan Dinas Peternakan Dinas Sosial Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Inspektorat Provinsi Kantor Penghubung Provinsi Sulsel Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kepegawaian Daerah Kesatuan Bangsa Dan Politik Ketahanan Pangan Daerah Koordinasi Penyuluh Lintas Kabupaten/Kota Penanggulangan Bencana Daerah Pendidikan Dan Pelatihan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah Perencanaan Pembangunan Daerah Perpustakaan Dan Arsip Daerah Sekretariat DP Korpri Sekretariat DPRD Sekretariat KPID

Abdul Hayat Tekankan Pentingnya Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Anggaran

Abdul Hayat Tekankan Pentingnya Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Anggaran
Rabu , 27 November 2019 18:17

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Evaluasi APBD Kabupaten-Kota Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2019, di d'Maleo Hotel Makassar, Rabu (27/11/2019).

Rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Biro Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Sulawesi Selatan bertujuan untuk mengukur evaluasi pelaksanaan kegiatan APBD Kabupaten-Kota Tahun Anggaran 2019 se-Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan itu, Abdul Hayat mengatakan, rapat koordinasi tersebut terlaksana berdasarkan pada pedoman penggunaan anggaran daerah.

"Melalui pedoman, harus tersosialisasi dan terevaluasi dengan baik. Tujuannya adalah agar anggaran negara yang kita dapatkan dari masyarakat, tiba kembali ke masyarakat sesuai dengan peruntukannya, itu esensinya," kata Abdul Hayat.

Lebih lanjut Abdul Hayat menyebutkan, pertimbangan efisiensi dan efektivitas harus dikedepankan dalam penggunaan anggaran, sehingga kabupaten-kota harus selalu melakukan pendampingan atau asistensi untuk perbaikan-perbaikan ke depan.

"Setiap tahun ada saja lingkungan strategis yang berubah, karena perkembangan masyarakat yang sangat cepat, antisipasinya adalah evaluasi. Kalau evaluasinya terlambat, tentu keputusannya juga kurang akurat, maka kita melaksanakan kegiatan hari ini untuk memastikan serapan anggaran, pelaksanaan kegiatan di daerah tepat sasaran sesuai yang kita inginkan," lanjutnya.

Terkait anggaran yang masih tersisa sekitar Rp1 Triliun lebih, Abdul Hayat mengatakan bahwa sebagian besar memang belum terbayarkan.

"Ada memang 1 triliun, lebih malah, tetapi pada posisi akhir November dan Desember nanti masih banyak kegiatan yang sudah dan akan dilakukan, tinggal pencairan dana kepada pihak ketiga yang belum terlaksana dengan baik. Arahan pak Gubernur untuk itu sudah tepat, tinggal kita stafnya memberikan tela'ah untuk mendorong itu semua, ketepatan penggunaan itu," tutup Abdul Hayat.

Penulis : Fathul Khair

Editor : Al Khoriah Etiek Nugraha

Komentar